Senin, 30 April 2012

Cara Berzikir Yang Baik Dan Benar

Zikir Bagian : 3

Zikir adalah sarana untuk kita dekat dan selalu ingan Kepada Allah, karena kita selalu ingan, maka kitapun akan selalu diingat oleh Allah, mengamalkan zikir selain bermakna ibadah juga merupakan bentuk dari latihan manusia untuk selalu dekat dan mengingat Allah SWT, dengan selalu ingat maka kita akan dapat terhindar atau menghidarkan diri dari perbuatan perbuatan yang dilarang oleh agama.

Dimulai dari berlatih zikir dengan ucapan, jika latihan ini dirutinkan maka akan menjadi kebiasaan yang tertanam dalam hati. Zikir dengan ucapan dengan disertai hatinya mengikuti dan memahami apa yang dibaca oleh lisan adalah merupakan dasar dari pencapaian zikir yang Hakiki yaitu zikir seluruh anggota tubuhnya, sehingga pengamalanya hendaknya mampu mempengaruhi prilaku manusia.
Dengan kata lain, zikir itu hendaknya mampu mengarahkan pelakunya kearah positip atau mampu menuju kepuncak ahlakul karimah.

Zikir dapat dilakukan dimana dan kapan sajan, namun Agar zikir yang kita lakukan membawa pengaruh yang amat besar terhadap pelaku zikir sehingga zikir yang dilakukanya membawa efek positip dan manfaat untuk tujuan dunia maupun akherat maka ada tata cara yang harus dilakukan :


1. Badan pakaian dan tempat harus suci dari Nazis Sudah menjadi keharusan hendaklah setiap akan melakukan ibadah sebaiknya dalam keadaan suci, jadi sebelumnya ambilah wudhu dan gunakan pakaian yang terbaik dan bersih. Pakaian yang disunahkan adalah berwana putih. Memakai wewangian juga dianjurkan, tapi yang tidak mengandung alcohol.

2. Menghadap kiblat Gunakan tempat yang bersih dan duduklah bersila menghadap kiblat, ruangan yang tenang jauh dari kebisingan ( malam hari ) sangat baik digunakan untuk zikir agar hati kita dapat konsentrasi pada apa yang kita sedang baca.

3. Niatakan dengan tulus Niat sangan berperan penting dalam kita melaksanakan segala sesuatu, karena segala sesuatu tergantung dengan apa yang diniatkan, maka lakukanlah zikir dengan niat semata mata untuk mencari urusan akherat dan beribadah mencari Ridha Allah. “Bila akherat tujuanya, maka dunianya Allah Akan penuhi tapi bila tujuanya dunia maka akherat takan kamu dapati”

4. Dengan suara Rendah Berzikirlah dengan suara lirih dan rendah, janga mengeras kan suara apalagi seperti orang yang membentak bentak sehingga dapat menggangu orang lain, karena beribada sekalipun bila mengganggu orang lain tentunya tidak boleh dan akan mengurangi nilai ibadah tersebut, bahkan mungkin tiada nilainya. Ingan Allah Maha mendengar ! yang didalam batinpun Allah mengetahuinya.

5. Memahami kalimat zikir Dengan memahami tiap kalimat yang kita baca maka hati kita akan terpokus dan konsentrasi pada apa yang kita lakukan, sehingga kalimat itu akan menjadi sugesti buat pelaku zikir untuk mempitsualkan zikir tersebut hanya karena Allah.

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.(Q.S.Al-Raaf : 205 )

Hadits:
Sebaik-baik zikir dengan suara rendah dan sebaik-baik rezeki yang secukupnya. (HR. Abu Ya'la)

Zikir Hakiki

Zikir hakiki adalah puncak kesempurnaan zikir yaitu menjaga diri dari prilaku negatip dan senantiasa menjalankan hal hal yang diridhai-Nya, Zikir Hakiki adalah zikirnya seluruh batin dan anggota tubuh. Batinya selalu istiqomah mengingat kepada Allah, sedangkan anggota tubuhnya senantiasa berzikir, tanganya berzikir tidak mengambil barang yang bukan haqnya, kakinya berzikir tidak melangkah ketempat maksiat, matanya berzikir tidak memandang yang dilarang agama, begitu seterusnya.

Demikianlah pengetahuan penulis yang sedikit ini semoga membawa manfaat dan dapat diamalkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita serta dapat digunakan untuk menjalin hubungan antara manusia dengan Allah. Mudah mudahan dengan zikir hati dan pikiran dapat menjadi tentram karena dengan zikir kita dapat mendekatkan diri dengan Allah. Tentunya Allah akan memenuhi segala keinginan dan kebutuhan kita. Insya Allah.( Zikir Ingat pada Allah)

Desember2011
www.Mhsim17.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar